Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Biologi
KELAS: X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Memahami
nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas
alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2
Mendeskripsikan
kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3
Mengamalkan
nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Berperilaku ilmiah: teliti,
tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan
peduli dalam
observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan
dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama,
cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam
dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium
2.2
Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan
percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar
|
3.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
|
3.1
Mendeskripsikan prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
3.2
Mendeskripsikan tentang sanitasi lingkungan
berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
3.3
Mengdeskripsikan
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia melalui hasil
obesrvasi
3.4
Mendeskripsikan struktur anatomi tubuh manusia
3.5
Menganalisis ciri, replikasi, dan peran virus dalam
aspek kesehatan masyarakat
3.6
Mendiskripsikan archaebacteria dan eubacteria dalam
3.7
bidang kesehatan
melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
3.8
Menganalisis ciri-ciri dan cara reproduksi jamur
3.9
Memahami peran enzim dalam proses metabolisme
|
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Mengidentifikasi berbagai bahaya di tempat kerja
4.2
Mengidentifikasi data tentang sanitasi lingkungan
sesuai bidang kesehatan dan Pekerjaan Sosial dan menyajikannya dalam bentuk
laporan tertulis
4.3
Melakukan analisis ekologi di lingkungan sekitar
4.4
Menyajikan hasil kajian struktur anatomi tubuh manusia
4.5
Menyajikan data
hasil pengamatan tentang ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan dengan berbagai media
4.6
Menyajikan data ciri-ciri dan peran archaebacteria
dan eubacteria dalam kehidupan
4.7
Menyajikan data hasil pengamatan ciri dan peran jamur (khamir dan kapang ) dalam
kehidupan dan lingkungan
4.8
Menalar
cara kerja enzim dalam proses metabolisme tumbuhan dan hewan
melalui proses pengamatan
|
KELAS: XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah
dalam kemampuan mengamati bioproses
1.3
Peka dan peduli terhadap permasalahan
lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi
pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Berperilaku ilmiah: teliti,
tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan
peduli dalam
observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan
dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama,
cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam
dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/ laboratorium
2.2
Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan
percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem gerak pada manusia
3.2
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem sirkulasi
3.3
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem pencernaan
3.4
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem respirasi
3.5
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem ekskresi
3.6
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
pada sistem koordinasi (peran saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan
regulasi serta gangguan)
3.7
Menganalisis bahaya penggunaan senyawa psikotropika
dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat.
3.8
Mendeskripsikan struktur jaringan penyusun organ
reproduksi
3.9
Memahami prinsip reproduksi manusia untuk
menanggulangi pertambahan penduduk
melalui program keluarga berencana (KB) dan peningkatan kualitas hidup
SDM (pemberian ASI ekslusif)
3.10
Memahami prinsip-prinsip sistem immun (program
immunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh)
3.11
Mendeskripsikan peran enzim dalam proses Metabolisme.
3.12
Mengklasifikasikan produk bioteknologi dalam
bidang kesehatan dan kedokteran
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
4.1
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi jaringan gerak yang menyebabkan gangguan sistem
gerak manusia
4.2
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan
gangguan sistem peredaran darah manusia
4.3
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap pada
struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan
gangguan sistem pencernaan manusia
4.4
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi jaringan organ pernapasan yang menyebabkan gangguan sistem respirasi
manusia
4.5
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem ekskresi
manusia
4.6
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi saraf
4.7
Menyajikan data bahaya penggunaan senyawa
psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan dan masyarakat
berdasarkan hasil pengamatan
4.8
Menyajikan data hasil pengamatan terhadap kelainan
pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem reproduksi
manusia
4.9
Menyajikan data penanggulangan pertambahan penduduk melalui program keluarga berencana (KB) dan
peningkatan kualitas hidup SDM (pemberian ASI ekslusif)
4.10
Menalar prinsip-prinsip sistem immun (program
immunisasi sehingga dapat terjaga proses fisiologi di dalam tubuh)
4.11
Membedakan cara kerja enzim dan respirasi aerob
4.12
Mengklasifikasikan produk bioteknologi dalam
bidang kesehatan dan kedokteran
|
0 komentar:
Posting Komentar